Monday, August 11, 2014

Goa 50 Kamar


Gua 50 Kamar adalah salah satu tempat pariwisata yang berada di kecamatan kawangkoan. gua ini bertempat di Kelurahan Sendagan, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 


Lokasi: (A) Gua 50 Kamar
              (B) Terminal Kawangkoan
Untuk Menuju Goa 50 Kamar dapat di tempu hanya dengan berjalan kaki . karena jarak antara  Goa dengan Terminal hanya berjarak 750 Meter.



Sejarah:
Gua 50 kamar ini merupakan salah satu dari beberapa gua peningalan jepang sewaktu menjajah indonesia. Gua ini di gunakan sebagai tempat penyimpanan senjata dan amunisi. Berbeda dengan gua jepang yang di Kelurahan Talikuran yang terletak di pingiran jalan, gua ini terbilang sangat strategis karena lokasi gua jauh dari jalan umum dan disamarkan oleh pepohonan. mulut gua yang di buat kecil hanya seukuran tubuh manusia, sehinga pihak lawan yakni sekutu tidak akang menemukan lokasi tentara jepang.
Menurut warga yang menjadi saksi sejarah pembagunan gua 50 kamar ini dilakukan dengan melibatkan masyarakat dari 3 kecamatan yaitu kawangkoan, tareran dan tomabatu di tahun 1943. Mereka dai tugaskan tentara jepang untuk mengali secara bergiliran mengali tanah bukit bercadas dan bebatuan besar. Masa pembagunan gua ini sempat menewaskan 3 orang penduduk.
Gua ini juga perna dihuni oleh letnan jendral Kagayaku yang sisebut sebagai penguasa Angkatan Udara Indonesia timur yang berpusat di lapangan terbang kelawiren Kakas. Saat itu gua di lengkapi dengan persenjataan berat serta peralatan komunikasi dan generator berkapasitas 5000 watt.

No comments:

Post a Comment